belajar - An Overview

Wiki Article

Setiap bab pelajaran selalu ada bagian-bagian yang penting. Nah bagian yang penting ini sebaiknya dibuat catatan di buku tersendiri. Cara belajar yang baik dengan merangkum bahan atau materi pelajaran juga sangat berguna saat menghadapi ujian.

Belajar adalah proses dimana suatu perilaku muncul atau berubah karena adanya respons terhadap sesuatu situasi.

Pengertian belajar dapat didefinisikan sebagai berikut : Belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

, misalnya peserta didik belajar bahasa berkali-kali menghindari kecenderungan penggunaan kata atau struktur yang keliru, sehingga akhirnya ia terbiasa dengan penggunaan bahasa secara baik dan benar.

Hamzah (2006) : Belajar merupakan suatu proses yang sistematis yang tiap komponennya sangat menentukan keberhasilan anak didik.

Slameto (2010) : Belajar pada hakikatnya adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan.

, seorang individu akan berfikir dan memutuskan perilaku sosial mana yang perlu dilakukan. Sebetulnya masih banyak tokoh-tokoh lain yang mengembangkan teori belajar behaviorisme

Poin terpenting, entah bagaimana gaya belajar kamu, yang pasti kesungguhan dan cara menikmati adalah wujud nyata dari belajar itu sendiri. Selamat mencoba detikers!

Yang penting di sini adalah kualitas belajarnya. Walaupun hanya 1-two jam sehari tapi kalau di lakukan setiap hari pasti akan lebih baik dari pada belajar dalam waktu yang sangat lama pada waktu tertentu saja. Misalnya hanya belajar kalau ada ulangan atau ujian belajar saja.

Karakteristik atau ciri-ciri belajar sejatinya mudah dikenali dalam prosesnya. Sebagaimana pada pedoman definisi belajar yang sebelumnya dijelaskan. Berikut akan kami jabarkan beberapa ciri-ciri belajar, diantaranya:

Siapkan hadiah menarik untuk memotivasi diri, misalnya: membeli barang mahal atau bersenang-senang jika Anda berhasil memperoleh peningkatan nilai yang signifikan atau meraih nilai A+.

two). Perubahan dalam belajar bersifat kontinu dan fungsional Sebagai hasil belajar, perubahan yang terjadi dalam diri seseorang berlangsung secara berkesinambungan , tidak statis. Suatu perubahan yang terjadi akan menyebabkan perubahan berikutnya dan akan berguna bagi kehidupan ataupun proses belajar berikutnya.

Hal ini dapat tercapai apabila siswa sudah memahami belajar dengan diiringi oleh perubahan tingkah laku yang lebih baik lagi Howard Kingsley membagi 3 macam hasil belajar:

Buku ini membahas tuntas mengenai merdeka belajar, kurikulum merdeka, dan penerapan merdeka belajar mulai dari A sampai Z.

Report this wiki page